Cara Menggunakan "Array" pada AutoCAD 2017


Pada AutoCAD terkadang menjadi sebuah kendala ketika kita ingin mengcopy sebuah objek sesuai dengan alur yang telah kita buat untuk dijadikan sebuah pola sperti pola lantai, dinding GRC atau sebagainya. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan perintah "Array". Akan tetapi jika anda terbiasa menggunakan AutoCAD dengan versi rendah (2015 kebawah) anda akan binggung karena terdapat sedikit perbedaan pada tampilan perintahnya pada AutoCAD versi tinggi (2015 keatas). Tapi sebelumnya akan kita jelaskan terlebih dahulu mengenai perintah "Array" itu sendiri.

Array adalah perintah yang digunakan untuk memperbanyak objek gambar 2D atau 3D dengan parameter yang telah ditentukan. Cara penggunaan Array pada Autocad ini hanya memerlukan beberapa langkah mudah. Meskipun dianggap mudah, perintah Array ini harus benar-benar dipahami step by step nya. Beberapa fungsi dari Array ini sendiri adalah:
  1. Untuk memperbanyak objek gambar dengan sistem meng-copy yang digunakan untuk menyingkat pembuatan gambar yang berulang
  2. Untuk menggandakan objek secara melingkar (polar), persegi (rectangular), atau persegi panjang dengan jumlah perputaran, kolom dan baris yang ditentukan. Dengan penentu titik pusat juga untuk membuat obyek jadi banyak dengan cepat.
  3. Sangat membantu drafter agar proses gambar lebih cepat karena hanya memasukkan parameter dan menentukan titik point, sehingga gambar yang diseleksi akan membentuk barisan atau lingkaran.
CARA MENGGUNAKAN PERINTAH ARRAY - RECTANGULAR ARRAY

Pilih objek yang akan di Array


Ketik AR pada tab command


Kemudian ketik R


Maka akan menjadi susunan objek yang tersusun menurut Row dan Column (lihat ket. warna)


Untuk memperbanyak atau mengurangi objek dapat mengganti angka yang tertera pada kolom Columns dan Rows. Atau anda ingin menggeser jarak antar objek dengan  mengganti angka yang terdapat pada kolom Between.

CARA MENGGUNAKAN PERINTAH ARRAY - POLAR ARRAY

Pilih objek yang akan di Array


Kemudian ketik AR 


Kemudian ketik Po


Kemudian tentukan titik Base point Array nya, bisa dengan memakai garis bantu


Kemudian klik pada ujung garis bantu yang telah kita buat, atau pada titik base point yang ditentukan


Untuk memperbanyak atau mengurangi objek, anda dapat mengganti angka pada kolom item. Jika anda ingin mengatur jarak antar objek dengan parameter sudut, anda dapat mengganti angka pada kolom Between. Atau jika anda ingin memutar objek Array anda tidak full 360 derajat, anda dapat mengganti angka pada kolom Fill sesuai keinginan anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan "Array" pada AutoCAD 2017"

Post a Comment